Senin, 20 Maret 2017

Cara Membersihkan Head Printer Epson yang Buntu

Cara Membersihkan Head Printer Epson yang Buntu

Membersihkan Head Printer Epson – Apakah anda mempunyai printer? Atau pekerjaan anda selalu memerlukan pemakaian printer? Bagi anda yang tak asing lagi dengan printer, pasti pernah mengalami berbagai masalah, mulai dari mengisi ulang tinta, kertas yang menarik sendiri, cetakan yang kabur, mampet, dll. Semua masalah tersebut umum dialami oleh printer dengan merk apapun, termasuk printer merk Epson. Lihat: 5 Merk Printer Terbaik
Jika printer Epson anda menunjukkan tanda-tanda seperti hasil cetakan yang buram (tidak jelas) atau malah tidak ada hasil cetakan sama sekali di kertas. Jangan panik! Mungkin head printer anda sedang bermasalah atau perlu dibersihkan. Head printer memang terkadang mengalami hal ini, yang menyebabkan tinta tidak bisa keluar dengan normal. Lalu, bagaimana solusinya? Adakah cara membersihkan head printer epson dengan cara yang mudah? Tak perlu khawatir, pada artikel ini akan kami bagikan informasi tentang cara membersihkan head printer.
Sebelum kami berikan info tentang langkah-langkah membersihkan head printer khusus merk Epson, ada baiknya anda mengetahui penyebab terjadinya masalah pada head printer. Beberapa diantaranya karena printer sering tidak dipakai atau hanya sesekali saja, jarang dilakukan perawatan seperti head cleaning, memakai tinta yang berbeda-beda atau diluar merk Epson, sering dibiarkan lama saat tinta sudah habis, dll. Lihat: Cara Mengisi Tinta Printer Dengan Benar
Semua hal yang disebutkan tadi dapat membuat head printer jadi bermasalah atau mampet. Jika sudah terlanjur bermasalah, mau tak mau anda harus bersedia membongkarnya untuk membersihkan head printer, berikut caranya:

membersihkan head printer epsonCara membersihkan head printer Epson

Sediakan Alat Dan Bahan
Sebelum memulai pembersihan head printer, ada baiknya anda siapkan beberapa alat dan bahan berikut: Head cleaner, suntikan, selang khusus untuk nozzle head printer merk Epson, tissu/kain lap.
Lihat: 10 Cara Merawat Printer Infus Agar Tahan Lama
Cara Membersihkan
  1. Sedot cairan head cleaner dengan suntikan sebanyak 5 ml
  2. Pasang selang pada ujung suntikan
  3. Posisikan head unit ke bagian tengah printer, bisa dilakukan dengan manual atau melalui software
    Ambil cartridge
  4. Matikan printer dengan mencabut kabel power
  5. Posisikan head ke pinggir
  6. Pasang tissu menutupi seluruh depan roll kertas printer
  7. Pasangkan selang pada tiang nozzle yang headnya bermasalah
  8. Pegang selang dengan hati-hati, posisikan head ke bawah
  9. Lalu suntikkan head cleaner dengan perlahan sampai head menjadi bersih atau tinta beku dalam head keluar
  10. Lakukan pengisian ulang tinta, pasang kembali cartridge printer
  11. Terakhir lakukan head cleaning dan test print
Jika setelah dilakukan test print, hasil cetak sudah normal, maka cara membersihkan head printer Epson dengan langkah di atas telah berhasil.

Video Membersihkan Head Printer Epson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar