Senin, 20 Maret 2017

cara mengajarkan komputer kepada anak

Mengajar Komputer dengan 1 Laptop dan 30 Siswa

Tags
, , ,
Namin AB Sekolah akhlak
Gambar Siswa  Kelas 1 (Satu) Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, sedang belajar TIK (Komputer) dengan hanya 1 laptop, mereka bergantian untuk belajar  menggambar dengan aplikasi Paint.
Beginiliah aktivitas siswa Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, walau belajar dengan hanya 1 laptop tapi mereka sangat menikmati aktivitasnya, apalagi jika belajarnya di bawa dengan santai dan sambil bermain.
Sejak berdiri Tahun 2013, Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, telah memasukan TIK (Komputer) sebagai salah satu kurikulum wajib yang harus dilaksanakan. Mengajar Komputer siswa kelas 1 SD Memang bukanlah sesuatu yang mudah, karena mereka harus berhadapan dengan bahasa-bahasa komputer yang mereka bulam pahami. Pengalaman saya mengajar komputer di Laboratorium Komputer, membuat saya harus bola-balik memperhantikan siswa satu-satu, selama hampir 70 menit mereka terus bersahutan memanggil saya, karena mereka belum tahu cara mengoperasikan komputer.  Jadilah Lab Komputer di ramaikan dengan sahutan siswa-siswa SD yang baru mengenal komputer, terutama di lab sekolah adalah komputer PC.
IMG_20140130_075600
Lalu apa yang saya lakukan supaya materi tersampaikan dengan baik dan siswa bisa menikmati belajar komputer secara menyenangkan?
Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan mengajar komputer kelas 1 (satu) SD :
1. Memperkenal Perangkat Laptop dan Aplikasinya : Tentu komputer PC berdeda dengan Laptop secara bentuknya, maka langkah awal saya memperkenalkan kepada siswa nama-nama Hardware dan aplikasi yang ada di laptop agar siswa bisa menggunakannya dengan baik. Seperti bagaimana memegang Mouse, mengetik, membuka aplikasi, menggunakannya dan kemudian menutup aplikasi yang mereka gunakana.
2. Belajar di Ruangan Kelas dengan 1 Laptop : Untuk memperkenalkan pembelajar komputer kepada siswa kelas 1 (satu), akhirnya saya melakukan cara mengajar dengan 1 buah laptop saja, pembelajaran saya buat santai dan membiarkan siswa untuk bermain di dalam kelas sambil mengerjakan tugas mewarnai dan soal-soal yang ada di buku komputer. Sementara sebagian siswa mengerjakan tugas yang ada di buku komputer siswa lain belajar komputer dengan saya secara bergantian.
3. Mengatur waktu belajar komputer dengan Laptop : Belajar dengan 1 buah Laptop tentu berbeda dengan belajar di Lab.Komputer, di Lab. Komputer setiap siswa bisa menikmati waktu cukup lama, yaitu sekitar 70 menit. Tapi dengan Laptop mereka hanya bisa menikmati belajar dengan waktu sekitar 3-4 menit. Pertanyaanya apakah pembelajaran seperti ini menghasilkan kulitas yang bagus, apakah siswa bisa menguasai materi yang di ajarkan? Jawaban ada di bawah
4. Mengajar Komputer kelas 1 SD jangan banyak teori dan bicara : inilah yang saya lakukan, teori saya berikan pada waktu tertentu saja, karena belajar komputer dengan sendirinya apabila siswa sudah terbiasa mengoperasikan komputer akan terbiasa dengan aplikasi dan penggunaan yang ada di dalamnya. Karena saya mengajar 30 siswa dengan hanya 1 buah Laptop, maka cara belajar yang saya lakukan adalah setiap siswa langsung praktek mengerjakan latihan-latihan yang ada sambil mendapat bimbingan dari saya tentunya.
5. Satu kali tatap muka satu kali ujian. Jika minggu ini adalah jadwal latihan praktik komputer, maka untuk minggu depannya adalah ujian apa yang sudah di pelajari di minggu sebelumya. Setiap siswa melaksanakan ujian dengan batas waktu yang sudah ditentukan.
IMG03232-20131024-1017
Mengajar Komputer dengan 1 laptop buat saya sangat menyenangkan. Hasil ujian siswa terbukti mereka mampu menggunakan aplikasi yang ada dengan baik, untuk membuat sebuah benda lengkap dengan warna dan accesorisnya. Namun yang menjadi catatan besar adalah mengajar dengan 1 Laptop tentu tidak selamanya saya lakukan ada saatnya mereka juga belajar di Lab Komputer, terutama pada saat kelas 2 nanti, mereka akan mulai familier dengan komputer, karena mereka sudah memahami dan bisa menjalankan aplikasi yang ada.
Terimakasih, hanya sekedar berbagi semoga bermanfaat
Namin AB Ibnu Solihin |24 Rabiul awal 1435 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar