Senin, 20 Maret 2017

tips dasar belajar melodi bagi pemula

tips dasar belajar melodi bagi pemula


Tips dasar belajar melodi bagi pemula


Tips dasar belajar melodi untuk pemula ini adalah tahap lanjutan dari panduan gitar belajar gitar untuk pemula yang telah saya bahas sebelumnya. Belajar melodi seharusnya dilakukan setelah kalian menguasai dasar-dasar bermain gitar. Di sini saya akan membaginya dalam beberapa bagian, yaitu dasar melodi yang terdiri dari dasar fingering dan picking, senam jari, berlatih dengan metronome, belajar beberapa scale yang mudah dan latihan berimprovisasi

Selain itu pada artikel ini akan di bahas teknik-teknik dasar melodi yaitu bending, hammer on/pull off, tapping, dan vibrato. Juga bagaimana cara mengulik sebuah lagu dan belajar membaca tab gitar ! Juga beberapa teknik lanjutan lain seperti belajar arpeggio dan teknik sweeppicking dan tak ketinggalan video tutorialnya yang akan menambah kemudahan kalian untuk belajar.


Siapa yang tidak kenal dengan nama-nama seperti Slash (ex. Guns n Roses), Synyster Gates (Avenged Sevenfold), Paul Gilbert (ex.Mr.Big), John Petrucci (Dream Theater). Mereka adalah sedikit dari sekian banyak gitaris dengan ketenaran dan popularitas yang sudah dikenal di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi ciri khas mereka adalah solo-solo atau melodi gitarnya.

Nah, sebelum kita melihat lebih jauh tentang solo-solo gitar mereka, alangkah baiknya kita tahu dulu apa saja teknik-teknik dasar dalam bermain melodi. Pada tahap ini, saya bagi menjadi dua hal pokok yang perlu di ketahui dan dikuasai lebih dahulu. 

Fingering


Fingering atau sering juga di sebut dengan penjarian adalah hal pokok pertama yang harus dikuasai. Kenapa ini saya letakkan pertama? Alasannya adalah pada fingering inilah kita nantinya belajar memilih dan memilah nada mana saja yang ingin kita mainkan. 

Oleh karena itu, jika kita ingin bisa melodi gitar maka fingering ini merupakan salah satu yang penting dan yang wajib dipelajari sebagai dasar untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi. 

Percayalah, para gitaris papan atas dunia juga sampai saat ini pun masih melakukan fingering sebagai salah satu menu latihannya.


Picking


Picking merupakan pasangan dari fingering, terlebih ketika Anda memainkan musik yang menggunakan gitar elektrik. Teknik picking ini adalah teknik memetik dengan menggunakan Pick Gitar. 

Sebagai pasangan yang saling berkaitan maka kita harus menyamakan atau menyelaraskan antara keduanya. Umumnya fingering untuk jari kanan dan picking di tangan kiri (kecuali anda kidal).

Bagaimana cara melatih fingering dan Picking


Tentu ini adalah pertanyaan yang sering diajukan banyak orang di tahap ini, terlebih jika yang ingin menjadi gitaris super cepat. How do this? Bagaimana agar fingering dan picking berjalan dengan baik? 

Biasa yang paling sering kita jumpai di situs-situs yang berkaitan dengan gitar baik artikel maupun video adalah tab yang memberikan contoh fingering. Lalu bagaimana dengan melatih picking?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa membantu Anda :

#1 Mulai dengan Warming Up

Selalu mulailah kegiatan Anda dengan warm up. Seperti olahraga pada umumnya, warm up membantu kita agar terhindar dari cedera. Selain itu, warm up membantu otot-otot agar tidak kaget dengan aktivitas yang mendadak.

Salah satu warm up yang paling sering digunakan oleh para gitaris adalah warm up menggunakan variasi dari chromatic scale.


Poin penting ketika melakukan warm up ini adalah gunakan picking dengan gaya up down dan usahakan fingering menggunakan empat jari sekaligus. Picking up down maksudnya adalah Anda melakukan picking ke arah bawah dan ke atas secara bergantiian. Percayalah saya tahu ketika pertama kali Anda melakukan picking cenderung akan memetik cuma ke arah bawah.


#2 Berlatih dengan Metronome untuk membangun speed fingering dan picking

Berlatih menggunakan Metronome adalah hal kecil tetapi sangat berguna apalagi ketika Anda ingin membangun kecepatan picking dan fingering Anda.  

Cara berlatih menggunakan metronome sebenarnya gampang-gampang susah. 

Gampangnya karena kita tinggal mengikuti ketukannya, kesulitannya terletak pada kesesuaian antara ketukan dan nada yang kita mainkan. 

Metronome membantu Anda untuk menjaga tempo agar tetap konstan.

Sudah menjadi rahasia umum bagi para dewa gitar bahwa berlatih harus dimulai dari tempo yang lambat terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk memulai dengan sesuatu yang cepat tetapi berantakan.


#3 Belajar variasi dari scale

Scale atau sering disebut skala adalah aturan terhadap jarak tertentu dari sebuah tangga nada.

Berlatih scale ini akan membantu jari-jari Anda mengenali banyak variasi-variasi fingering baru.

Untuk pemula mungkin Anda bisa belajar tentang major modes. Major modes ini tak lain dan tak bukan sebenarnya adalah tangga do re mi fa sol la si do atau ada yang menyebutnya solmisasi.

Selain major modes, kalian juga bisa mencoba beberapa scale yang mudah dan sering di pakai dalam memainkan melodi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar